Apa Itu Proyeksi Peta?

Salah satu hal yang membuat para pemula di dunia geoprocessing bingung (seperti saya 🙂 ) adalah pemahaman mengenai proyeksi peta. Hal inilah yang sering membuat dahi saya berkerut ketika mendengar penjelasan salah seorang profesor dari LAPAN. Saat itu beliau menjelaskan pembahasan mengenai Teknologi Remote Sensing. Tulisan ini bertujuan sebagai pengantar mengenai proyeksi peta, dan semoga bisa menambah pustaka bacaan mengenai geographic processing berbahasa indonesia yang masih sangat terbatas di internet.
Apa itu proyeksi peta? Untuk menjelaskan mengenai definisi hal ini, berikut saya kutipkan dari wiki; A map projection is any method of representing the surface of a sphere or other shape on a plane (mathematics). Terjemahan bebasnya, Proyeksi Peta adalah suatu metode untuk merepresentasikan permukaan dari benda bulat atau bentuk lain menjadi bidang datar.
Sebenarnya ada beberapa macam pembagian jenis proyeksi, tapi saya hanya akan menjelaskan proyeksi yang banyak digunakan di Indonesia, dan tentunya yang berhubungan dengan apa yang saya kerjakan 🙂 😆 . Proyeksi dapat dibedakani menjadi dua, WGS-84 (World Geodetic System) dan UTM (Universal Transverse Mercator Coordinate System). [segini dulu, lagi males nulis to be continued.. insyaallah]

Advertisements

One thought on “Apa Itu Proyeksi Peta?

  1. Woi pak ketua PKL, banyak-2 bikin-2 artikel ya. Terutama tentang kerjaan BPS.
    Lumayan buat gw untuk baca-2 hal-2 baru.

    SEMANGAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s