Apa Itu Proyeksi Peta?

Salah satu hal yang membuat para pemula di dunia geoprocessing bingung (seperti saya 🙂 ) adalah pemahaman mengenai proyeksi peta. Hal inilah yang sering membuat dahi saya berkerut ketika mendengar penjelasan salah seorang profesor dari LAPAN. Saat itu beliau menjelaskan pembahasan mengenai Teknologi Remote Sensing. Tulisan ini bertujuan sebagai pengantar mengenai proyeksi peta, dan semoga bisa menambah pustaka bacaan mengenai geographic processing berbahasa indonesia yang masih sangat terbatas di internet.
Apa itu proyeksi peta? Untuk menjelaskan mengenai definisi hal ini, berikut saya kutipkan dari wiki; A map projection is any method of representing the surface of a sphere or other shape on a plane (mathematics). Terjemahan bebasnya, Proyeksi Peta adalah suatu metode untuk merepresentasikan permukaan dari benda bulat atau bentuk lain menjadi bidang datar.
Sebenarnya ada beberapa macam pembagian jenis proyeksi, tapi saya hanya akan menjelaskan proyeksi yang banyak digunakan di Indonesia, dan tentunya yang berhubungan dengan apa yang saya kerjakan 🙂 😆 . Proyeksi dapat dibedakani menjadi dua, WGS-84 (World Geodetic System) dan UTM (Universal Transverse Mercator Coordinate System). [segini dulu, lagi males nulis to be continued.. insyaallah]

One thought on “Apa Itu Proyeksi Peta?

  1. Woi pak ketua PKL, banyak-2 bikin-2 artikel ya. Terutama tentang kerjaan BPS.
    Lumayan buat gw untuk baca-2 hal-2 baru.

    SEMANGAT

Leave a Reply

